Kamis, 16 Juli 2015

Rangkuman Debat Bahasa Inggris


Kata debat sudah tidak asing lagi di telinga kita, debat di perutuntukan untuk menyelesaikan suatu masalah menurut argumen berbeda, bahkan debat di kompetisikan, contohnya debat bahasa inggris.

Penguasaan kosa-kata (vocabulary) sangat berpengaruh dalam debat bahasa inggris ini, dan juga terdapat teknik-teknik dasar, sebelum kesana anda harus mengenal systemnya juga.

Di dalam debat bahasa inggris terdapat beberapa orang pembantu antara lain:

  • Chairman (Sering di sebut pembawa acara, biasanya dia membuka dan menutup acara debat)
  • Time Keeper (Orang yang memberitahukan waktu, contohnya dimana waktu sudah habis dll)
  • Adjudicator (Atau juri, orang yang dapat menilai argument anda)
Dan di dalamnya juga terdapat 2 team yaitu: Affirmative Team dan Negative Team
Sistem argumen yang biasa digunakan: 1st Affirmative > 1st Negative > 2nd Affirmative > 2nd Negative > 3rd Affirmative > 3rd Negative > Reply Speech Negative > Reply Speech Affirmative.

Biasanya pembagian team ini dilakukan secara acak (dapat dilakukan dengan lempar koin dsb)
dalam 1 team terdapat 3 orang diantaranya:
First Speaker, Second Speaker dan Third Speaker.
Sebelum kalian memulai berlatih argument, kalian harus mengetahui dasar-dasar atau tugas-tugas dari speaker tersebut, mereka mempunyai tugas yang beberda, di sini saya akan menjelaskan tugas-tugasnya.

  • First Speaker:
Tugasnya adalah adalah memberikan definisi dari motion atau topik debat yang akan di bicarakan contohnya,
Ladies, and gentlemen our motion today is "School should banned students to bring theirs gadget" before we give our arguments, i'd give you definition about School and Gadget, school is a place to learn and gather knowledge wich academic and non-academic, and gadget is an electronic thing that has multi-function and for communication
          Motion hanya di definisikan oleh first speaker, tugas yang ke 2 adalah membuat limitation (batasan) tentang apa yang akan kita bicarakan, contohnya,
Our limitation for this motion is high school in Banten

Dan tugas yang ke 3 adalah memberikan argumen, ini adalah salah satu point yang penting dari debat, dalam argumen kamu harus memberikan fakta-fakta yang jelas, dan dapat diuji kebenaranya, argumen tidak boleh membicarakan keluar dari topik pembicaraan (keluar dari motion).

  • Second Speaker:
Tugas dari seorang second speaker adalah yang pertama, me-rebut atau menyangkal argumen dari pembicara lawan, misalnya menyangkal fakta-fakta yang tidak masuk akal.
Kemudian dalam pemberian argumen, second speaker boleh memberikan argumen baru tetapi harus memperkuat argumen first speaker, seperti first speaker, argumen tidak boleh keluar dari topik pembicaraan.

  • Third Speaker: 
Tugasnya adalah me-rebut dan memperkuat pembicara pertama dan ke dua, third speaker tidak boleh mengemukakan gagasan/argumen baru tugasnya hanya memperkuat argumen yang sudah ada dan memberikan fakta-fakta.

  • Reply Speech:
Tugas dari seorang reply speech adalah menyimpulkan atau menyatukan beberapa argumen yang sudah di kemukakan tadi dan meyakinkan juri bahwa tim nya adalah yang terbaik dan mempunyai argumen yang kuat, juga dapat membicarakan kekurangan team lawan.

Itu adalah tugas-tugas dalam debat bahasa inggris.
   Ada juga yang dinamakan POI (Point Of interruption)
POI adalah titik dimana kita dapat menyangkal argumen lawan pada saat lawan sedang ber-argumen, POI di perbolehkan dalam pernyataan 1st speaker, 2nd speaker, dan 3rd speaker, POI tidak di perbolehkan dalam penyampaian reply speech, POI biasanya di berikan waktu tertentu oleh time keeper.

Itu adalah beberapa rangkuman dasar dari debat berbahasa inggris, jika ada hal yang masih belum di mengerti dapat bertanya di comment di bawah, semoga bermanfaat!
©KennyRivaldi
Share: