Kamis, 27 Juli 2017

Kenapa Soekarno Menyukai Komunis?


Pada masa Orde Lama, dibawah kepemimpinan Soekarno, Indonesia memang dekat dengan negara-negara Komunis, bahkan beliau juga menggagas sebuah pemikiran tentang Nasakom (Nasionalisme, Agama, Komunisme).

Hubungan Indonesia dengan negara-negara Komunis sangat erat, dapat dibuktikan dengan adanya poros Jakarta-Peking-Pyongyang-Moscow. Komunis memang masih legal berada di Indonesia pada masa Pemerintahan Terpimpin tersebut.

credit: timawa.net

Lalu, apa alasanya Soekarno menyukai Komunis? bahkan sampai beliau menggagas tentang ide Nasakom tersebut, berikut alasanya.

1. Soekarno membenci negara Eropa

Bukan rahasia umum jika beliau membenci negara-negara di Eropa yang menjunjung tinggi kolonialisme, bukan tanpa alasan, Soekarno sering dipenjara pada saat Indonesia dijajah oleh Belanda.

Bukan hanya di penjara, Soekarno juga pernah diasingkan di Belitung, pada saat Belanda melanggar perjanjian yang telah dibuat, Belanda juga menolak menyerahkan Papua Barat, yang dianggap sebagai salah satu sumber kekayaan bangsa Indonesia.

Karena kebencian ini, sudah sewajarnya Soekarno lebih menyukai musuh dari negara-negara Liberal tersebut, yaitu adalah negara-negara Komunis.

2. Beberapa visi Soekarno sejalan dengan visi Komunis

Ideologi Komunis didasari oleh perjuangan revolusi rakyat yang sudah muak dengan orang-orang kaya yang bertindak meremehkan orang-orang miskin.

Itu sejalan dengan visi Soekarno, yang memang beliau juga sudah muak dengan para penguasa tanah pribumi yang bertindak sewenang-wenang dan hanya mementingkan urusan pribadi.


3. Russia sering membantu Indonesia

Ini merupakan faktor utama kenapa Soekarno menyukai Komunis, dikarenakan Russia atau bisa dikatakan sebagai negara induk dari partai Komunis tersebut sering membantu Indonesia.

Disaat Indonesia terkena embargo dari Amerika dan tidak bisa mendapatkan bantuan peralatan perang, disana Russia banyak membantu bangsa Indonesia dengan mengirim beberapa peralatan perang mereka.

Tentu motif dari Russia ini untuk melancarkan jalan mereka untuk menyebarkan ideologi Komunis di Indonesia, terbukti dengan adanya pemberontakan G30SPKI. Terlepas dari itu, Soekarno menganggap Russia itu baik dan menguntungkan untuk bangsa Indonesia.


Itulah beberapa alasan kenapa Soekarno menyukai Komunis, pada saat itu Soekarno lebih mementingkan mana yang lebih bermanfaat bagi bangsa Indonesia itu sendiri.


Share: