Rabu, 12 Juli 2017

Panduan Debat Bahasa Inggris Lengkap


Debat bahasa inggris mungkin bagi sebagian orang masih terasa asing ditelinga mereka, akan tetapi lomba debat bahasa inggris ini sudah menjadi event tahunan Kemendikbud.

Sekarang pertanyaan yang sering muncul adalah, bagaimana sih cara debat bahasa inggris? bagaimana mekanisme penilaianya? bagaimana tata cara urutanya?.

Sebenarnya saya sendiri sudah membuat artikel tentang rangkuman dan tips dalam debat bahasa inggris, tapi disini saya akan berikan materi yang lengkap agar teman-teman tidak kebingungan.

Baik, yang teman-teman harus pertama kali pahami yaitu teknik dasarnya, ini yang pertama akan saya bahas.

Perlu teman-teman ketahui bahwa dalam debat bahasa inggris itu terdapat tiga orang pembantu dalam pelaksanaanya yaitu:
  • Chairman, sering di sebut pembawa acara, biasanya dia membuka dan menutup acara debat.
  • Time Keeper, orang yang memberitahukan waktu, contohnya dimana waktu sudah habis dsb.
  • Adjudicator atau juri, orang yang menilai dan memutuskan pemenang dalam pertandingan.
Pembagian tim di dalam debat bahasa inggris

Kita juga harus mengetahui jika didalam debat bahasa inggris tersebut terdapat dua tim, yang pertama ada tim Affirmative dan tim Negative.

Untuk tim Affirmative, tugasnya adalah untuk setuju dengan topik debat pada waktu itu atau lebih dikenal dengan kata motion.

Dan untuk tim Negative, tugasnya adalah kebalikanya dari tim Affirmative, dimana mereka harus menentang motion tersebut.

Bagaimana menentukan tim Affirmative atau Negative?

Untuk menentukan timnya, dalam perdebatan biasanya menggunakan lempar koin atau dapat dengan cara lainya.

Bagaimana teman-teman? sampai sini sudah paham? jika sudah teman-teman boleh lanjut baca yang selanjutnya, namun jika belum teman-teman pahami dulu penjelasan diatas agar tidak kebingungan.

Urutan pembicara dalam debat bahasa inggris

Ini yang kadang membingungkan teman-teman yang baru terjun kedalam dunia perdebatan, teman-teman bingung kapan teman-teman harus berbicara.

Disini saya sudah urutkan alur perdebatanya agar teman-teman memahaminya dan tidak kebingungan lagi, perhatikan urutan berikut:

1st Affirmative > 1st Negative > 2nd Affirmative > 2nd Negative > 3rd Affirmative > 3rd Negative > Reply Speech Negative > Reply Speech Affirmative.

Diatas merupakan urutan yang sering digunakan dalam debat bahasa inggris, mulai dari awal perdebatan sampai kepada akhir perdebatan.

Apa tugas saya? apa yang harus saya lakukan?

Jika teman-teman baru memulai belajar berdebat ini adalah pertanyaan yang wajar terlintas dalam benak teman-teman, jangan khawatir, saya sudah merangkum apa tugas kalian.

First Speaker

Tugasnya adalah adalah memberikan definisi dari motion atau topik debat yang akan di bicarakan contohnya,

Ladies, and gentlemen our motion today is "School should banned students to bring theirs gadget" before we give our arguments, i'd give you definition about School and Gadget, school is a place to learn and gather knowledge which academic and non-academic, and gadget is an electronic thing that has multi-function and for communication

Catatan: Perlu teman-teman ingat bahwa motion hanya di definisikan oleh first speaker saja, juga first speaker perlu membuat limitation atau limitasi permasalahan yang di debatkan, sebagai contoh:

Our limitation for this motion is high school in Banten

Kemudian selanjutnya sebagai pembicara pertama tentu teman-teman harus memberikan argumen teman-teman tentang motion tersebut.

Second Speaker

Tugas dari seorang second speaker adalah, yang pertama harus memberikan rebuttal atau sanggahan argumen tentang apa yang dikatakan first speaker dari tim lawan.

Kemudian second speaker juga harus memperkuat argumen dari first speaker dari tim kamu, mengulang intinya saja tidak perlu dibacakan semuanya.

Dan tentu selalu dengan argumen teman-teman, dalam pemberian argumen ini, lebih baik teman-teman memberikan topik yang berbeda dari first speaker tim kalian.

Third Speaker

Tugasnya adalah memberikan rebuttal terhadap pembicara pertama dan kedua dari tim lawan, dan perlu teman-teman ingat bahwa pembicara ketiga ini tidak boleh memberikan argumen baru.

Intinya pembicara ketiga ini hanya menyimpulkan dari pembicara pertama dan kedua dari tim kamu, dan juga memberikan kesimpulan dari debat tersebut.

Replay Speech

Tugasnya adalah menyimpulkan tentang semua perdebatanya, kemudian meyakinkan juri bahwa tim dialah yang layak untuk menang dengan memberikan kelemahan tim lawan.

Diatas merupakan tugas wajib yang harus dilaksanakan agar tidak mengurangi penilaian dewan juri.

Dan berikut adalah tugas yang saya katakan sunnah atau tidak wajib tetapi dapat menambahkan nilai kalian, jadi perhatikan berikut ini teman-teman.

Point of Interuption (P.O.I)

POI ini sering dijadikan tambahan nilai oleh para debaters dan merupakan strategi yang efektif untuk membuat bingung argumen lawan.

Untuk teman-teman yang belum tau apa itu POI, jadi POI merupakan intrupsi atau sanggahan yang bisa teman-teman ajukan ketika lawan sedang memberikan argumen.

Untuk bisa POI teman-teman harus menunggu waktu minimal satu menit, biasanya diberikan ketukan oleh Time Keeper, dan POI ini tidak boleh lebih dari 15 detik.

Jika teman-teman sudah memahami konsep dasar dari debat bahasa inggris, teman-teman boleh melanjutkanya ke materi berikutnya tentang tips atau strategi memenangkan debat bahasa inggris.

Cara memenangkan debat bahasa inggris

Ketika saya menulis artikel ini, tentu saya melakukan riset dari pengalaman saya debat jaman saya SMA, dan saya menemukan kriteria-kriteria yang penting yang dapat membuat kita menang.

Berikut kriteria-kriteria yang saya peroleh dari pengalaman pribadi.

Gaya tubuh (Gesture)

Ini merupakan salah-satu penilaian juri yang masuk kedalam poin Manner, lebih jelasnya tentang penilaian juri saya akan bahas di bawah.

Jadi pada saat teman-teman berdebat tidak boleh terlalu fokus terhadap text, atau sering disebut text book, itu akan mempengaruhi penilaian teman-teman.

Intonasi Suara

Bagaimana sih intonasi suara yang baik dalam berdebat? ada yang bilang bahwa kita harus lantang dan keras. Tetapi itu adalah cara yang salah teman-teman, karena kalian bukan sedang ikut lomba puisi atau pidato.

Suara kalian tidak perlu keras, yang penting terdengar oleh juri, dan juga kalian harus melakukan penegasan pada suatu kalimat yang dianggap penting.

Penegasan bisa dilakukan dengan cara mengulang kata tersebut atau bisa dengan meninggikan nada bicara kalian, contohnya:

And i'm from the Affirmative team really really disagree with this motion
Stay on topic

Kenapa ini menjadi poin penting selanjutnya? karena pengalaman saya pribadi, 60% penghancur nilai pada saat debat itu dikarenakan mereka ngomongin yang ngelantur atau keluar dari pokok masalah.

Mengembangkan itu perlu dan sangat bagus pada debat, tetapi kita harus ingat pada limitasi yang sudah diberikan.

Mengambil poin tim lawan

Apakah bisa? tentu saja bisa, ada dua hal yang teman-teman dapat lakukan untuk mengambil poin tim lawan, dan itu hanya bisa dilakukan oleh tim Negative saja yaitu,

Teman-teman dapat mengambil tim Affirmative jika mereka tidak memberikan definisi atau limitasi masalah tersebut, jadi kalian bisa memberikan definisi dan limitasi bagi motion tersebut.

Strategi case building

Dan ini yang paling penting, karena tanpa materi teman-teman tidak bisa berdebat, case building dibedakan menjadi dua, ada yang langsung ditempat pada saat lomba, ada juga yang sudah diberitahukan sebelum lomba.

Tetapi teknik case building itu selalu sama, teman-teman harus memperhatikan hal-hal berikut:

Bagilah topik yang akan dicari oleh masing-masing pembicara, tentu pembicara pertama tidak akan menjelaskan topik yang sama dengan pembicara kedua, dan juga sebaliknya.

Koordinasi merupakan hal yang sangat penting ketika case building agar tidak ada materi yang terlewat atau tertinggal.

Diatas adalah cara agar tim teman-teman dapat peluang lebih untuk memenangkan debat bahasa inggris, kemudian saya akan membahas sistem penilaian juri.

Sistem penilaian juri debat bahasa inggris

Juri akan menilai dari tiga aspek, yaitu adalah Matter, Manner dan Method, tiap aspek mempunyai poin yang berbeda, untuk Matter dan Manner mendapat masing-masing 40% sedangkan Method itu mendapat 20%

Sekarang apa sih pertanyaanya kriteria apa yang termasuk dalam aspek-aspek diatas, berikut penjelasanya:

Matter, adalah penilaian sejauh mana teman-teman menguasai argumen yang di debatkan pada saat pertandingan, termasuk fakta-fakta yang teman-teman bawakan

Manner, adalah penilaian sifat atau perilaku, contohnya adalah gesture dan intonasi suara. Ada beberapa hal juga yang tidak diperbolehkan dan akan mempengaruhi nilai, seperti menunjuk tim lawan.

Method, adalah penilaian tentang sejauh mana teman-teman menguasai alur perdebatan, tugas-tugas yang harus teman-teman lakukan, seperti yang sudah saya bahas diatas tadi.

Dan itulah teman-teman panduan debat atau rangkuman debat serta saya berikan tips agar kalian bisa menaklukan lawan di dalam debat bahasa inggris ini.

Yang terpenting adalah berlatih, berlatih dan berlatih, tanpa berlatih saya tidak akan bisa menulis artikel ini, jadi jangan pernah bosan untuk berlatih, semoga bermanfaat!
Share: