Rabu, 12 Juli 2017

10 Cara Belajar Yang Efektif

credit: https://www.edumor.com

Pernahkah teman-teman belajar tetapi merasa bahwa pelajaran tersebut susah sekali untuk masuk kedalam otak kita? mungkin teman-teman pernah merasakanya, termasuk saya sendiri.

Sepertinya ini adalah masalah yang sering muncul sebagai seorang pelajar ataupun mahasiswa, saya juga pernah mengalaminya sampai saya menemukan cara belajar yang efektif berdasarkan penelitan ilmiah.

Berikut ini adalah tips yang membantu saya agar membuat belajar kita efektif:

#1. Bagi jam belajar kamu menjadi beberapa bagian

Sebuah penelitian mengungkapkan jika belajar lebih dari 30 menit dalam satu sesi itu tidak efektif, mungkin kalian biasa belajar sampai berjam-jam, apalagi jika besoknya mau ujian.

Dan ternyata itu tidak efektif teman-teman, akan lebih efektif jika kalian membagi jam belajar kalian menjadi beberapa sesi, yang dalam satu sesinya tidak lebih dari 30 menit, dan diselingi dengan jam istirahat.

Strategi ini akan membuat otak kalian bekerja lebih efektif daripada kalian belajar berjam-jam tanpa henti, strategi ini juga digunakan dalam pembelajaran seni seperti bernyanyi, bermain gitar, dan sebagainya.

#2. Belajar pada malam hari itu tidak efektif

Mungkin ini yang sering teman-teman lakukan, belajar pada malam hari, apalagi buat teman-teman yang masih sering menggunakan strategi SKS atau Sistem Kebut Semalam.

Akan lebih efektif jika teman-teman belajar pada siang hari dan mengatur jam yang sama disetiap hari, misalkan teman-teman mengatur jam 3 sampai jam 5, dengan dengan membagi menjadi 2 sesi dan sudah ditambah dengan waktu istirahat.

#3. Buatlah mind map

Ini dia metode yang banyak orang lakukan untuk menghafalkan banyak materi, dengan membuat mind map otak kalian akan menyerap informasi lebih cepat dan tidak membuat otak kita cepat jenuh.

Buat teman-teman yang masih sering menggunakan metode menghafal dari buku paket, dan ditambah menggunakan highlight berwarna-warni, metode tersebut tidak efektif dan akan membuat otak kita cepat jenuh.

#4. Fokus pada satu topik sampai benar-benar memahaminya

Sebelum belajar kalian harus membuat target kamu, materi apa yang ingin teman-teman kuasai, misalkan materi Perubahan Sosial, berarti kalian harus fokus pada materi tersebut sampai teman-teman benar-benar paham.

Metode yang salah adalah dimana teman-teman membuat target untuk menghafalkan tiga bab atau lebih, nah disini kalian hanya akan berfikiran untuk memenuhi target tersebut tanpa memahaminya.

#5. Berlatih soal itu penting

Berlatih soal itu penting teman-teman, sebuah studi menemukan bahwa orang yang sering berlatih soal sebelum ujian mendapatkan nilai yang lebih maksimal dari orang yang tidak melakukan latihan soal.

Dengan berlatih soal, kalian bisa menemukan kesalahan, dan melakukan evaluasi sejauh mana kalian memahami materi yang akan diujikan tersebut.

#6. Jangan hanya menghafal, tetapi ajarkan orang lain materi tersebut

Ini adalah salah satu metode yang sangat penting, jika waktu disekolah bapak atau ibu guru berkata bahwa kita tidak kehilangan ilmu ketika mengajarkan kepada orang lain, itu benar teman-teman.

Sebuah studi menemukan bahwa dengan mengajarkan ilmu kepada orang lain akan membuat kita memahami materinya bukan hanya menghafalnya.

Namun bagaimana jika kita tidak punya teman untuk diajari? solusinya gampang teman-teman, yang perlu kalian lakukan menaruh suatu objek didepan kalian, anggap sebagai teman, dan berikan penjelasan tentang materi tersebut keteman kalian, anggaplah kalian sedang mengajari teman kalian.

#7. Buat catatan pelajaran teman-teman menarik

Jika kalian ingin memulai mempelajari sebuah topik tentu kalian memerlukan materi untuk dipelajari, buatlah materi tersebut lebih menarik, dengan memberi warna yang berbeda di materi kalian.

Misalkan kalian membuat mind map Sejarah, kalian memberikan warna merah untuk materi, warna biru untuk tokoh dan warna hijau untuk tanggal.

Metode ini akan membuat otak kita dapat membedakan materi yang ada dan dapat merekam dengan lebih efektif.

#8. Jangan dengarkan musik pada saat belajar

Jika teman-teman pernah menemukan artikel bahwa ada beberapa musik yang menambah efektif belajar, bisa dikatakan bahwa artikel tersebut salah.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang belajar menggunakan musik akan membuat otak mereka tidak fokus, berbeda dengan orang yang belajar tanpa menggunakan musik.

#9. Matikan gadget kalian

Pada saat belajar, matikan smartphone teman-teman, kenapa? karena akan selalu ada gangguan jika kalian tidak mematikan smartphone kalian, misalnya suara group yang berisik dan sebagainya.

Karena belajar teman-teman hanya 30 menit untuk satu sesinya, maka gunakanlah dengan seefektif mungkin, jika teman-teman ingin memainkan smartphone, gunakanlah waktu istirahat kalian untuk memainkanya.

#10. Usahakan materi yang akan dihafalkan adalah catatan teman-teman sendiri

Sebagian besar pelajar ketika hendak melaksanakan ujian, mereka mem-photocopy buku temanya sendiri yang dianggap lebih lengkap materinya.

Ternyata ini salah teman-teman, akan lebih baik jika kalian menulis materinya sendiri, karena pada saat kalian menulis, otak kalian juga akan merekam materi tersebut, sehingga nantinya akan membuat kalian lebih paham.

Kesimpulanya

Banyak cara yang memang bisa mendukung kalian belajar, seperti belajar dengan teman atau belajar sendiri, itu kembali kepada kalian, fakta diatas adalah fakta sains tentang kinerja otak.

Dan ada satu lagi yang tidak dikatakan dalam sains, yaitu adalah motivasi, kenapa ini penting? sampai saya kasih bold, karena tanpa kata tersebut kalian tidak akan berani untuk memulai.

Sekian tips atau cara belajar yang efektif, usahakan kalian berdoa pada sebelum dan sesudah belajar, dan selamat berjuang teman-teman!

Share: