Sabtu, 01 Juli 2017

Inilah Sosok Presiden Indonesia Yang Tidak Ada Dalam Pelajaran Sejarah


   Siapa yang tidak mengenal Presiden Indonesia, anak SD pun tahu sampai saat ini terdapat 7 Presiden yang pernah menjabat sebagai pemimpin bangsa Indonesia itu, tetapi, tahukah anda? bahwa ada satu Presiden yang jarang ataupun hampir tidak pernah dibahas dalam pelajaran Sejarah dari SD sampai SMA. Siapakah dia?

Biografi 


   Beliau adalah Syafruddin Prawiranegara, beliau lahir di Serang, Banten, 28 Februari 1911. Beliau adalah seorang perjuang kemerdekaan yang sangat berperan dalam proses kemerdekaan bangsa Indonesia pada masa penjajahan. Beliau menempuh pendidikan di ELS pada tahun 1925, dilanjutkan ke MULO di Madiun pada tahun 1928, dan AMS di Bandung pada tahun 1931, beliau menempuh pendidikan tertingginya di Rechtshoogeschool (Sekolah Hukum) di Jakarta, yang sekarang adalah Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Pada masa penjajahan beliau pernah bekerja sebagai penyiar radio swasta, kemudian beliau bekerja sebagai pegawai keuangan Jepang, dan setelah Indonesia merdeka, beliau menjadi anggota KNIP yang fungsinya adalah badan Legislatif, sebelum dibentuknya DPR dan MPR.

Semasa Menjadi Presiden


   Ketika itu Pemerintahan Indonesia sedang terpuruk dikarenakan adanya Agresi Militer Belanda II dimana Belanda menculik Soekarno dan Hatta dan mengasingkan mereka ke Pulau Bangka, tetapi mereka sudah menduga bahwa mereka akan diasingkan oleh Belanda, dan menunjuk Syafruddin sebagai Presiden Indonesia yang baru dengan nama Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI), PDRI ini sangat berperan penting bagi bangsa Indonesia, karena Syafruddin telah berhasil menyelenggarakan Perjanjian Roem-Royen dimana salah satu hasil dari perjanjian tersebut adalah membebaskan Soekarno dan Hatta. Setelah mereka bebas akhirnya PDRI menyelenggarakan serah jabatan pada 14 Juli 1949 di Jakarta.

Mengapa beliau tidak ada dalam materi Sejarah?

 

   Kurikulum pendidikan kita menyebutkan bahwa terdapat 7 Presiden, lalu bagaimana dengan Syafruddin? Materi Indonesia menggabungkan Presiden Syafruddin dengan Presiden Soekarno sebagai Presiden Indonesia pertama dikarenakan keadaan negara saat itu yang sedang darurat.
   Walaupun beliau tidak disebutkan dalam orang yang pernah memimpin Bumi Pertiwi ini, kita selayaknya mengetahui beliau dikarenakan jasanya yang besar untuk bangsa Indonesia ini.
Share: