Rabu, 12 Juli 2017

Cara Agar Cepat Tidur Pada Malam Hari




Mungkin teman-teman sering punya masalah tidur, hal ini kadang menyebalkan apalagi jika kita mempunyai sesuatu untuk dikerjakan di keesokan harinya.

Masalah ini ditimbulkan tidak lain karena ulah kita sendiri teman-teman, dan sekarang saya akan membagikan cara agar kita cepat tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

#1. Hilangkan kebiasaan main gadget sebelum tidur

Ini yang kita perlu garis bawahi teman-teman, menurut penelitian bahwa sinar ultraviolet dari gadget kita akan membuat otak merasa tidak kantuk.

Sebaiknya teman-teman sebelum tidur, setidaknya 30 menit tidak bermain gadget, agar membuat otak kita memproduksi hormon mengantuk.

#2. Tidurlah ditempat yang nyaman

Tidak kalah penting, agar teman-teman ingin cepat mengantuk dan ingin cepat tidur, siapkan tempat tidur kalian yang nyaman.

Kenapa saya tidak jelaskan apa itu tempat tidur yang nyaman, karena definisi dari nyaman untuk setiap orang itu berbeda-beda, jadi apa nyaman menurut teman-teman?

#3. Jangan makan berat sebelum tidur

Makan sebelum tidur memang tidak sehat, ini juga dapat mempengaruhi rasa kantuk teman-teman. Pada saat kita makan, energi kitapun terisi kembali sehingga itu membuat kita tidak merasa kantuk.

Sebaiknya teman-teman setidaknya berhenti makan makanan berat setidaknya 4 jam sebelum tidur untuk menghindari efek tersebut.

#4. Minumlah teh Chamomile

Sebuah studi menunjukan bahwa orang yang meminum teh Chamomile sebelum tidur akan meningkatkan rasa kantuk terhadap orang tersebut.

Ini dikarenakan teh Chamomile memproduksi hormon melatonin yang akan membuat kita ngantuk dimalam hari.

#5. Mandi satu jam sebelum tidur

Jika teman-teman masih kesulitan tidur, cobalah mandi satu jam sebelum teman-teman tidur, mandi akan membuat temperatur tubuh kita naik.

Dan saat temperatur tubuh kita naik, itu akan memacu hormon melatonin dan akan membuat kita merasa ngantuk.

#6. Jangan terlalu lama tidur siang

Sebuah studi menemukan bahwa tidur siang yang sehat itu tidak boleh lebih dari 30 menit, jika teman-teman tidur siang berjam-jam, konsekuensi yang teman-teman harus hadapi adalah insomnia.

#7. Pastikan kamar tidur teman-teman gelap

Dan ini adalah tips terakhir, pastikan kamar tidur teman-teman gelap, sebuah studi menemukan bahwa orang yang tidur diruagan yang gelap mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Pada keadaan gelap juga memacu tubuh kita untuk memproduksi hormon melatonin yang akan membuat teman-teman cepat untuk tertidur.

Berikut adalah beberapa tips agar cepat tertidur pada malam hari, sebaiknya kalian mempertimbangkan hal ini, karena tidur pada malam hari itu sangat penting sekali, semoga bermanfaat.


Share: